phone: +62 895-3222-88565
e-mail: dfn@dr.com

Menghitung Luas Segi-n Beraturan Dengan Trigonometri

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel DIah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

Segi-n beraturan yaitu bangun datar atau bentuk dimensi 2 yang terdiri dari garis-garis bersambungan membentuk bangun tertutup dengan  sisi yang sama panjang dan  sudut yang sama besar. 
Segi-n beraturan  adalah poligon jenis khusus. Ini adalah poligon yang sama sisi (semua sisi kongruen) dan sama sudut (semua sudut internal kongruen). Kuadrat adalah teratur. Persegi panjang bukan karena tidak sama sisi. Belah ketupat tidak teratur karena tidak bersudut sama.

Sebuah poligon biasa, ingat, adalah poligon yang sisi dan sudut interior semua kongruen.

Sebuah poligon bersisi n beraturan memiliki simetri putar orde n.

Semua simpul dari Segi-n beraturan  terletak pada lingkaran yang sama (lingkaran terbatas); yaitu, mereka adalah titik konsiklik. Artinya, Segi-n beraturan adalah poligon siklik.

Bersama-sama dengan sifat sisi-sisi yang sama panjang, ini menyiratkan bahwa setiap Segi-n beraturan  juga memiliki lingkaran bertulisan atau lingkaran yang bersinggungan dengan setiap sisi di titik tengahnya. Jadi Segi-n beraturan  adalah poligon tangensial.

Pusat Segi-n beraturan  adalah titik di mana semua simpul berjarak sama. Jari-jari Segi-n beraturan  adalah segmen dengan satu titik akhir di pusat dan titik akhir lainnya di salah satu simpul. Jadi, ada n jari-jari dalam Segi-n beraturan  bersisi n. Pusat dan jari-jari Segi-n beraturan  sama dengan pusat dan jari-jari lingkaran yang dibatasi oleh Segi-n beraturan  tersebut.

Apotema Segi-n beraturan  adalah segmen dengan satu titik ujung di tengah dan titik akhir lainnya di titik tengah salah satu sisinya. Apotema Segi-n beraturan  adalah garis bagi tegak lurus dari sisi mana pun yang memiliki titik ujungnya. Sudut pusat Segi-n beraturan  adalah sudut yang titik sudutnya merupakan pusat dan sinar-sinarnya, atau sisi-sisinya, mengandung titik-titik ujung dari sisi Segi-n beraturan . Jadi, sebuah Segi-n beraturan  bersisi n memiliki n apotema dan n sudut pusat, yang masing-masing berukuran 360/n derajat. Setiap apotema adalah garis bagi sudut dari sudut pusat yang memuat sisi tempat apotema tersebut memanjang.

Apa itu Luas Poligon?
Dalam geometri, luas didefinisikan sebagai daerah yang ditempati di dalam batas bangun datar dua dimensi. Oleh karena itu, luas poligon adalah total ruang atau wilayah yang dibatasi oleh sisi-sisi poligon.

Bagaimana Cara Mencari Luas Poligon?
Poligon biasa seperti persegi panjang, bujur sangkar, trapesium, jajaran genjang, dll., Memiliki rumus yang telah ditentukan sebelumnya untuk menghitung luasnya.

Namun, untuk Segi-n beraturan , luasnya dihitung dengan membagi Segi-n beraturan  menjadi bagian-bagian kecil dari Segi-n beraturan 

Luas Segi-n beraturan 
Menghitung luas Segi-n beraturan  bisa sesederhana mencari luas segitiga beraturan. Segi-n beraturan  memiliki panjang sisi yang sama dan besar sudut yang sama besar

Selanjutnya Gambar-gambar, rumus-rumus dan cara menghitung : Menghitung Luas Segi-n Beraturan Dengan Trigonometri


Tag:

contoh soal luas segi n beraturan
contoh soal luas segi n beraturan kelas 10
luas segi-n beraturan jika diketahui sisinya
rumus keliling segi-n beraturan
contoh segi-n beraturan
sifat-sifat segi-n beraturan
luas segitiga
rumus keliling segi 12

0 Komentar: